Panduan Sholat Tahajud Lengkap Dengan Doa dan Artinya

Tatacara sholat tahajud– Sholat tahajud merupakan salah satu ibadah solat sunnah yang paling istimewa untuk dikerjakan oleh hamba Allah SWT. Saking istimewanya maka sholat tahajud ini memiliki banyak manfaat yang akan diterima bagi umat islam yag mau mengerjaknnya dan mau mendawamkan.

Ayat dan Hadist tentang Anjuran/perintah mengerjakan Tahajud

Anjuran langsung atau perintah dari Allah SWT, seperti tertuang dalam Al-Qur’an Al karim:

Artinya:Pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”(QS. al-Isra: 79)


“Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.” (QS. al-Muammil: 6)

Nabi Muhammad SAW juga memerintahkan untuk mengerjkana sholat tahjud atau sholat qiyamul lalil seperti yang diriwayakan dalam Hadist dibawah ini:

Artinya: “Shalat yang paling afdhal setelah sholat wajib adalah shalat malam” (HR:Muslim)

Artinya: “lakukanlah qiyamul lail, karena ini kebiasaan orang shaleh sebelum kalian” (HR:Tirmidzi)

Waktu sholat tahajud

Waktu mengerjkana sholat malam apakah harus tidur dahulu…?

Qiyamul lail bisa dikerjakan sejak selesai sholat Isya’ sampai sebelum datangnya sholat subuh, jadi ketika kita khawatir tidak bisa bangun malam di sepertiga malam yang akhir, maka akan lebih baik mengerjakan sholat malam minimal 2 rekaat langsung ditutup witir, namun jika nanti sebelum waktu shubuh sempet bangun maka di perbolehkan sholat tahajut lagi tanpa witir.

Jadi Sholat malam tidak harus tidur dulu baru sholat, bahkan Rosullullah SAW berpesan kepda Sahabat agar witir sebelum tidur, dan bagi umat Nabi Muhammad SAW di Akhir zaman nanti (zaman kita sekarang).

Jadi jelas kapan waktu sholat malam yaitu setelah Isya’ Hingga sebelum Sholat Subuh

Setelah mengetahui dasar perintah tentang sholat Tahajud , Marilah Kita Mulai bahasan tentang Tata cara sholat Tahajud

Pertanyaan yang sering muncul , apakah sholat tahajud harus tidur terlebih dahulu?

Cara Mengerjakan Shalat Malam- Dan berapa rakaat sholat tahajud itu?

Sholat tahajud secara umum  dikerjakan 2 rakaat salam, 2 rakaat salam.
Kemudian di penghujungnya ditutup dengan witir 1 rakaat.

Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma pernah menceritakan, ada seseorang
yang bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang
tata cara shalat malam. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan,

صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى ، فَإِذَا خَشِىَ أَحَدُكُمُ الصُّبْحَ صَلَّى رَكْعَةً وَاحِدَةً ، تُوتِرُ لَهُ مَا قَدْ صَلَّى

“Shalat malam itu dua raka’at-dua raka’at. Jika salah seorang di antara kalian takut masuk waktu shubuh, maka kerjakanlah satu raka’at. Dengan itu berarti kalian menutup shalat tadi dengan witir.” (HR. Bukkhari 990 & Muslim 1782).

Jadi Berapa rekaat Sholat tahajud itu?

Cara mengerjakan sholat tahajud ialah dengan mengerjakan 2 rekaat salam, dilanjutkan 2 rekaat salam, sampai jumlah semampunya, jika waktunya sudah mendekati waktu sholat subuh 2 rekat salam lalu ditutup 1 rekaat witir itu sudah mencukupi, namun jika masih memiliki banyak waktu, bisa hingga 11 rekaat, 13 rekaat , atau 23 rekaat, boleh boleh saja.

Maka dari itu, Sholat malam atau sholat tahajud sekaligus sholat witirnya dikerjakan dengan jumlah rakaat ganjil. Bisa 3 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat, 9 rakaat atau 11 rakaat. Juga bisa lebih dari itu, dengan bilangan ganjil.

Bolehkan witir denagn 3 rekaat atau 5 rekaat?

Niat sholat tahajud

Setiap amal ibadah harus ada niat, Niat bisa cukup dari dalam hati saja atau jika sering was was maka bisa diucapkan, karena semua amal ibadah akan tergantung dari niatnya, maka dari itu mau mengerjakan sholat tahajudpun perlu kita niatkan.

Kapan memulai Niat ?

Kita memulai berniat tahajud hendaknya sudah sebelum tidur kita sudah berniat untuk mengerjakan sholat tahajud, sambil minta pertolongan allah SWT agar pada malam nanti kita di beri kekuatan untuk bangun dan berdiri untuk mengerjakan amalan tersebut.

Adapun bacaan niat ketika kita hendak mengerjakan sholat tahajud , jika niat itu di ucapkan kira2 seperti ini niatnya, kita mengucapkan dalam hati sudah mencukupi, ataupun juga boleh dilafaldzkan dengan suara lirih untuk menguatkan niat.

Bacaan Niat sholat Tahajud

Cara sholat Tahajud- Qiyamul lail

Cara sholat tahajud dan bacaan sama seperti sholat pada umumnya, jika di sholat sholat yang biasa anda kerjakan memakai doa iftitah “Allahu Akbar Kabiro…” maka untuk qiyamul lail disarankan memakai doa iftitah yang panjang seperti dibawah ini:

Artinya: “Aku hadapkan wajahku kepada Dzat yang Maha Pencipta langit dan bumi sebagai muslim yang ikhlas dan aku bukan termasuk orang yang musyrik. Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku, hanya semata-mata untuk Allah Rabb semesta alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Oleh karena itu aku patuh kepada perintahNya, dan aku termasuk orang yang aku berserah diri. Ya Allah, Engkaulah Maha Penguasa. Tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Engkau. Mahasuci Engkau dan Maha Terpuji”. (HR. An Nasa-i, 1/143. Di shahihkan Al Albani dalam Sifatu Shalatin Nabi 1/251)

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Dengan Tulisan Latin Dan Artinnya

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.
Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya :
“Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Mahabenar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Demikian uraian sedikit tentang sholat tahajud semoga bermanfaat jika banyak kekurangannya mohon maaf sebesar-besarnya.

author