Al Qur'an

Fadhilah 2 Ayat Terakhir Surat al Baqarah

993Views

Fadhilah 2 ayat terakhir surat Al Baqarah

Membaca dua ayat terakhir Surat Al Baqarah pada waktu malam hari atau menjelang tidur memiliki banyak faedah keutamaan , diantaranya ialah Allah SWT akan cukupkan kebutuhannya keesokan harinya, akan dihindarkan dari berbagai macam penyakit , dilindungi dari syetan dan gangguan sihir maupun makhluk jahat lainnya. Begitulah yang diterangkan oleh nabi Muhammad SAW dalam riwayat hadist Shohihnya :

Rasulullah ﷺ bersabda:

“Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, niscaya ia akan diberi kecukupan.”

(HR. Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 2714)

Dalam Kitab Al-Jami Ash-Shaghir hadits no 03031

اَلْآيَتَانِ مِنْ آخِرِ سُوْرَةِ الْبَقَرَةِ، مَنْ قَرَأَ بِهِمَا فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya
Dua ayat terakhir surat Al-Baqarah, barang siapa yang membacanya pada suatu malam maka akan mencukupinya (pada malam tersebut).

(HR Ahmad, Bukhari, Muslim dan Ibnu Majah dari Ibnu Mas`ud. Shahih)

Beberapa kutipan Hadist diatas menerangkan bahwa membaca 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah memiliki fadilah yang penting untuk kita jadikan sebuah amalan rutin harian.

Inilah 2 ayat terakhir Surat Al Baqarah dan artinya :


2 ayat terakhir surat al baqarah text Arab

“Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat.” (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Rabb kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.”
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

(QS. Al-Baqarah: 285-286)

Perihal hadistyang sudah di uraikan diatas tentang keutamaan 2 ayat terakhir surat Al Baqarah, ulama mengatakan bahwa siapa saja yang mau membaca 2 ayat terakhir surat aAl Baqarah tersebut maka Allah menjanjikan kecukupan baginya urusan akhirat apalagi urusan dunianya.

Selain diberi kecukupan, bagi yang mengamalkan juga akan dijaga dan dijauhkan dari segala godaan syetan dan kejelekan yang akan dtag padanya.

Maka dari itu yuk mari kita mulai mengamalkan membaca 2 ayat terakhir surat Al Baqarah untuk bebaikan kita di Akhirat maupun dunia kita.

Leave a Reply