Doa

Doa Sebelum tidur, Ketika Terjaga dan bangun tidur serta adab Tidur

481Views

Doa sebelum dan bangun tidur– Rosulullah SAW sebagai Nabi Terakhir penutup Nabi yang diutus keatas muka bumi adalah Nabi yang Terbaik. Semua Nabi adalahMulia Tapi Nabi Muhammad adalah Sayyidul Anbiya wal Mursalin.

Nabi kita mengajarkan danmemberi contoh kepada umatnya sejak bangun tidur sampai tidur lagi, bahkan tidurpun diajarkan bagaimana adab tidur yang benar dan baik.

Tidur merupakan nikmat Allah yang diberikan kepada hamba-Nya sebagai jalan untuk ber istirahat, coba kita bayngkan bagaimana jika kita tidak bisa tidur setelah seharian beraktifitas, tentu sangat lelah dan caek sekali dan bahkan kesehatan semakin hari semakin menurun. Maka tidur adalah nikmat yang besar dan patut kita syukuri.

Nabi kita mengajarkan setiap hal agar senantiasa mengingat Allah SWt bahkan mau tidur juga, Nabi ajarkan dengan berdzikir kepadaNya sebagai tanda kita sebagai hamba selelu mengingati-Nya.

Setelah bangun tidurpun Nabi ajarkan cara bersyukur kepada Allah karena telah diberikan kesempatan hidup lagi, karena sesungguhnya ketika kita tidur kita tidak pernah tahu kalau kita apakh masih bisa bangun lagi atau tidak.

Maka Umat Islam diajarkan bagaimana cara berdzikir atau berdoa ketika bangun tidur.

Bahkan ketika kita terjaga pun nabikita ajarkan bagaimana kita mesti berdoa / berdzikir kepada Allah SWT.

Berikut ini penjelasan singkat bagaimana Adab adab sebelum tidur, ketika tidur dan ketika bangun tidur, agar tidur kitapunbernilai pahala disisi Allah SWT.

Adab-Adab sebelum Tidur

Sebelum tidur hendaknya kita dalam keadaan bersuci dan berwudhu, mengapa perlu wudhu? karena ketika tidur kita dalam keadaan tidak sadarkan diri, dan ketika tidur selalu saja da godaan syaiton, maka jika kita memulai tidur denagn bersuci, syaiton akan kesulitan mendekati orang yang selalu dalam keadaan suci, karena orang tersebut dalam penjagaan Malaikat Allah.

Berwudhu Sebelum tidur.

Maka jika ketika kita sedang tidur kok bermimpi , maka mimpi kita berbeda dibanding mimpi kita ketika tidak dlam keadaan berwudu sebelum tidur.

Hal ini di seperti yang disunahkan oleh Nabi Kita

“Apabila engkau hendak tidur, berwudhulah sebagaimana wudhu ketika hendak shalat. Kemudian berbaringlah miring ke kanan, dan bacalah

Doa sebelum tidur bacaan panjang

Jadi sesuai Hadist diatas…..

Disunahkan untuk Mengibaskan tempat tidur dengan ujung sarung atau dengan pakaiannya sebanyak tiga kali (HR. Bukhari). Dan memulai tidur dengan membaringkan tubuh ke sisi sebelah kanan sebagaimana dalam hadits,
Artinya:
“Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah sebagaimana wudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi kananmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun manfaatnya sebagaimana disebutkan oleh Ibnul Qayyim,
“Tidur berbaring pada sisi kanan dianjurkan dalam Islam agar seseorang tidak kesusahan untuk bangun shalat malam. Tidur pada sisi kanan lebih bermanfaat pada jantung. Sedangkan tidur pada sisi kiri berguna bagi badan (namun membuat seseorang semakin malas)” (Zaadul Ma’ad, 1/321-322)

Ketika kita berwudhu sebelum tidur maka kita Akan mendpatkan Doa Malaikat

Dari Abdullah bin Umar radliyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban 3/329. Syuaib Al-Arnauth mengatakan, Perawi hadis ini termasuk perawi kitab shahih. Hadis ini juga dinilai shahih oleh Al-Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)

Macan Doa yang lain Bacaan pendek

Selain Doa yang diatas ada juga doa mau tidur yang sangat pendek yaitu seperti dibawah ini:

“Bismika Allahumma amuutu wa ahya”

Artinya: ” Dengan Namamu Yaa Allah aku mati dan aku hidup”

atau…

Dzikir yang nabi ajarkan ketika bebaring di tempat tidur

Selain doa doa diatas, Nabi kita juga mengajarkan dzikir-dzikir yang mudah untuk diamalkan diantaranya:

Membaca 3 Surat Qul, yaitu Surat Al Ikhlas, An Nass dan Al Falaq

Qs. Al Ikhlas: 1-4
Qs. Al Falaq:1-5
Qs. An Naas:1-6

Selain 3 Surat diatas , sebelum tidur kita disunnahkan membaca Ayat Kursi

Ayat Kursi Text Latin

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa, Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Faedah: Siapa yang membaca ayat Kursi sebelum tidur, maka ia akan terus dijaga oleh Allah dan terlindungi dari gangguan setan hingga pagi hari.

Membaca Akhir surat Al Baqarah

Faedah: Siapa yang membaca dua ayat tersebut pada malam hari, maka dua ayat tersebut telah memberi kecukupan baginya.

Membaca Doa dibawah ini…

Membaca Dzikir atau Tasbih Fatimah

Mungkin istilah tasbih Fatimah ini masih asing bagi beberapa orang, sesungguhnya tasbih Fatimah ini ialah dzikir yang sering kita lafdzkan setiap habis Sholat wajib, yaitu:

Fadhilahnya tasbih Fatimah:
Bacaan di atas lebih baik daripada memiliki pembantu di rumah. Demikian dikatakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada puterinya, Fatimah dan istri tercintanya, ‘Aisyah radhiyallahu ‘anhuma

Dzikir ketika Terjaga Dari Tidur

Ketika tidurpun kita sering terjaga dari tidur, saat seperti itupun Nabi kita juga ajarkan agar kita selalu dan terus mengingat kepada Allah SWT.

Laa ilaa ha illallaah wahdahu laa syarikalah, 
Lahulmulku walahul hamdu wahuwa ‘ala qulli syai’in qodir.
Subhanallahi, Walhamdulillaahi, Walaa ilaa ha illallaahu, Wallaahu akbar.
Wala haula wala quwwata illa billaah. Kemudian berdoa : “Allaahummagh firli”

“Tidak ada Ilah selain Allah Yang Maha Esa, tak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya semua kerajaan dan bagi-Nya semua pujian. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maha Suci Allah, segala puji hanya milik Allah, tak ada Ilah selain Allah, Allah Maha Besar, tak ada daya dan kekuatan melainkan hanya dengan Allah. Kemudian berdoa, ALLAHUMMAGHFIRLI; “Ya Allah, ampunilah aku” atau lalu berdoa maka doanya akan diterima. Jika ia berwudhu lalu solat, maka solatnya akan diterima.”

Tips:

Ketika terjaga memang kita bisa saja ingat akan doa diatas, namun sangat berat untuk mengucapkannya, maka paksakan untuk mengucapkan walaupun dengan lirih , maka seakan akan ikatan syaiton akan terlepas dari mulut kita.

Do’a Ketika Bangun tidur

Itulah indahnya islam setiap saat setiap waktu kita dihibur dengan amalan amalan yang ringan namun berpahala, bahkan ketika bangun tidur pun kita seketika itu mendapatkan pahala ketika kita mau berdzikir dan berdoa kepada Allah SWT.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur” [artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan]. (HR. Bukhari no. 6325)

Disebutkan dalam hadits mengenai dikembalikannya ruh berarti kita masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk menikmati kehidupan.

Itulah sekilas amalan sebelum tidur, ketika tidur dan ketika kita bangun tidur dipagi hari, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply