Doa

Bacaan Doa Ayat Kursi Lengkap Arab Latin Dan Artinya

568Views

Berbicara tentang ayat kursi artinya kita sedang berbicara tentang keAgungan Allah SWT yang tertuang dalam ayat tersebut. Karena ayat kursi adalah ayat yang sangat istimewa, tentu saja semua ayat Al Qur an istimewa,namun Ayat kursi memiliki keistimewaan tersendiri.

Banyak Keajaibandan keistimewaan dari ayat tersebut dan keistimewaan tentunya akan diberikan bagi siapa saja yang senantiasa membaca ayat tersebut.

Mengapa ayat ini begitu istimewa, karena didalam ayat tersebut terdapat kaundungan Tuhid Uluhiah dan terdapat 2 Asma Allah Yang Agung atau biasa disebut Ismul Adhom yaitu Yaa Hayyu, Yaa Qoyyumu. Sehingga jika yakin dan mantap denagn kandungan ayat tersebut maka tiada ketakutan dalam menghadapi segala permasalan hidup.

Bacaan surat ayat kursi

Doa Surat Ayat Kurrsi Arab

Mengapa Surat Albaqarah ayat 255 ini disebut sebagai ayat kursi? tidak lain dan tidak bukan penyebabnya adalah terdapat kata atau kalimat Kursiyyuhu. Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir menjelaskan, makna asal Al Kursi adalah Al ‘Ilmu (ilmu). Oleh karena itu para ulama disebut juga dengan sebutan al karaasi sebab mereka adalah orang-orang yang dijadikan pegangan atau sandaran.

Ada pula pendapat yang mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Al Kursi dalam ayat ini adalah keagungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jadi tidak ada apa namanya al kursi (kursi atau tempat duduk), tidak ada al qu’ud (duduk) dan tidak ada al qaa’id (yang duduk). Hal ini seperti firman Allah Az Zumar ayat 67.

Bacaan ayat kursi latinnya

Terjemahan ayat kursi

Terjemahan ayat kursi

Ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa sesungguhnya yang dimaksud dengan kursiyy disini adalah kerajaan dan kekuasaan Allah SWT, sedangkan Imam Hasan Al Basri berpendapat bahwa yang dimaksud Al Krsi dalam Ayat tersbut adalah Ars Allah SWT.

Berbeda lagi dengan Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya mengatakan”“yang benar adalah bahwa Al Kursi bukanlah arsy karena arsy lebih besar dari al kursi sebagaimana dijelaskan oleh beberapa hadits dan atsar.

Keutamaan Ayat Kursi

  • Ayat kursi adalah Sayyidul ayat

لِكُلِّ شَىْءٍ سَنَامٌ وَإِنَّ سَنَامَ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ وَفِيهَا آيَةٌ هِىَ سَيِّدَةُ آىِ الْقُرْآنِ هِىَ آيَةُ الْكُرْسِىِّ

Segala sesuatu itu mempunyai puncaknya dan puncak Alquran ialah surat al-Baqarah, di dalamnya terdapat sebuah ayat pemimpin semua ayat al-quran yaitu Ayat Kursi (HR. Tirmidzi)

  • Sebagai wasilah doa agar mustajabah

Siapa saja yang berdoa memohon kepada Allah SWT dengan di dahului dengan membaca ayat kursi, maka Allah SWT akan mengabulkn permohonannya.

اسْمُ اللَّهِ الأَعْظَمُ الَّذِى إِذَا دُعِىَ بِهِ أَجَابَ فِى سُوَرٍ ثَلاَثٍ الْبَقَرَةِ وَآلِ عِمْرَانَ وَطَهَ

Asma Allah yang paling Agung yang apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat yaitu surat al-baqarah surat al-imron dan surat Thaha (HR. Ibnu Majah)

Tiga ayat yang dimaksud dalam hadits ini adalah Surat Al Baqarah ayat 255 (ayat kursi), Surat Ali Imran ayat 1-2, dan Surat Thaha ayat 111.

  • Kunci Masuk Syurga

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

Barang siapa membaca ayat kursi sehabis setiap sholat fardhu maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali hanya mati (HR. Thabrani)

  • Ayat kursi adalah ayat yang Agung

Suatu ketika Nabi Muhammad SAW beratnya kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat kitab Allah Manakah yang paling agung?”
Ubay bin Kaab menjawab,” Allah danrosulnya lebih mengetahui.”

Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam mengulang-ulang pertanyaannya, maka Ubay menjawab, “Ayat kursi.”

Lalu Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Selamatlah dengan ilmu yang kamu miliki, Hai Abu Mundzir. Demi Tuhan yang jiwaku berada di tanganNya, sesungguhnya ayat kursi itu mempunyai lisan dan sepasang bibir yang selalu menyucikan Tuhan yang maha kuasa di dekat pilar arsy.” (HR. Ahmad).

Manfaat Yang Agung ketika banyak membaca Ayat Kursi

  • Allah akan melindungi dari godaan Syaiton– Siapa saja yang membaca ayat kursi dengan khusuk setelah mengerjakan sholat fardhu, maka Alllah akan melindungi bagi orangtersebut dari godaan syaiton , gangguan binatang buas, hingga kejahatan yang dilakukan oleh orang lain yang kepada dirinya maupun keluarganya.
  • Membuka Akal menjadi lebih jernih– Menurut syeikh Abu Abbas, siapa saja yang mengamalkan membaca ayat kursi dengan rutin , maka orang tersebut menjadi lebih mudah menerima dan mencerna ilmu dan pengetahuan baru yang ia terima.
  • Menambah Rizqi – Dikutib dari kitab Asraarul Mufidah dikatakan disana bahwa siapapun yang mau membaca ayat kursi sebanyak 18 kali maka dari bacaan tersebut Allah akan memberikan manfaat ayat kursi kepadanya kemudian akan dibukakan pintu hikmah dan akan dibukakan pintu rizqi yang banyak oleh Allah SWT , wallahu a’lam.
  • Dijauhkan dari kekufuran– Rasulullah SAW bersabda, “manfaat yang dahsyat dari ayat kursi, adalah bagaimana mereka yang pulang ke rumah dan segera membaca ayat kursi maka akan dihilangkan seluruh bentuk kekafiran yang terdapat pada orang tersebut.”
  • Dilindungi oleh Allah– Seseorang yang membaca ayat kursi didalam perjalanan, maka insha Allah orang tersebut juga akan dilindungi oleh Allah SWT dan diselamatkan oleh Allah hingga sampai di tujuan.
  • Mendapatkan Cinta dan Sayang Allah SWT– Mereka yang selalu membaca ayat kursi di dalam kesempatan apapun, akan mendapat cinta dan kasih sayang dari Allah SWT serta perhatian dari-Nya. Sebagaimana Allah telah mencintai dan memelihara nabi Muhammad SAW.

Asbabun Nuzul Ayat kursi


Sejarah Diturunkannya Ayat Kursi

Ayat Kursi ini diturunkan pada suatu malam setelah Rasulullah SAW Hijrah dari kota Makkah ke kota Madinah. Ayat Kursi ini diantarkan oleh beribu-ribu Malaikat.

Dalam hati tentu kita bertanya-tanya.­ Kenapa Ayat Kursi ini sampai diantarkan beribu-ribu Malaikat? Seberapa istimewa sebenarnya Ayat Kursi ini?

Jawabannya tiada lain karena Ayat ini adalah Ayat paling Mulia yang ada didalam Al-Qur’an. Sehingga para Malaikat pun ikut mengiringi turunnya Ayat ini atas perintah langsung dari Allah SWT.

Karena begitu Agungnya Ayat Kursi ini, sampai-sampai golongan Iblis dan Setanpun begitu gempar serta khawatir karena menganggap Ayat ini adalah sebagai penghalang bagi mereka dalam usahanya untuk menggoda dan menjerumuskan ummat manusia kedalam jurang kenistaan.

Begitu Ayat Kursi ini diterima Rasulullah SAW, maka Beliau segera memerintahkan Zaid bin Tsabit (Sekretaris Nabi) untuk segera mencatat Ayat Kursi ini dan dperintahkan untuk segera menyebarkannya seluruh ummat. Agar secepatnya bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari mengingat betapa besarnya keistimewaan-ke­istimewaan Ayat Kursi ini.

Inilah Ayat kursi ayat yang terdapat dalam surat Al baqarah ayat 255, setelah kita mengetahui faedah , keutamaan nya , tidak ada alasan untuk tidak mengamalkannya, seperti pesan Nabi kita kepada Zaid Bin Tsabit agar mengamalkan dan menyebarkan ayat ini kepada Umat islam. Semoga bermanfaat

Leave a Reply